Saat membuka situs web yang memiliki http:// atau https:// di depan tautan internal, itu artinya komunikasi antara browser dan server pada situs web tersebut mengikuti protokol tertentu. Perbedaan http dan https hanya terletak pada huruf S yang menunjukkan bahwa data dalam website aman atau secure. Nah, jika ingin situs website lebih aman, Anda bisa mengunjungi Fiber Optic Jakarta untuk melihat layanan website dengan http atau https.

Artikel ini akan menjelaskan perbedaan lengkap antara kedua protokol keamanan ini agar Anda memahami terlebih dahulu sebelum mempelajari tentang website.

 

Pengertian HTTP dan HTTPS

Sebelum mengetahui perbedaannya, Anda perlu mengerti bahwa http adalah protokol jaringan lapisan aplikasi yang berfungsi untuk membantu proses transfer data antar komputer. Informasi yang ditransfer dapat berupa file, gambar, dokumen, atau video antar komputer.

 

Sedangkan https merupakan protokol komunikasi antar komputer melalui jaringan internet yang lebih terjamin keamanannya karena terdapat sistem enkripsi yang akan menyulitkan para hacker mencuri atau membobol data website.

 

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Berikut ini perbedaan dua protokol keamanan yang perlu Anda ketahui :

 

Penggunaan Port

Http menggunakan port 80 yang artinya komunikasi masih dengan teks biasa dan menjadi lebih rentan diretas. Sedangkan https menggunakan port 443 yang artinya setiap transfer data terenkripsi sehingga lebih aman.

 

Penggunaan SSL

Protokol http belum memanfaatkan sertifikat keamanan SSL sedangkan https sudah menggunakannya. Hal ini menyebabkan saat memakai https, jika browser meminta data dari web server, maka pesan akan masuk secara acak sehingga tidak mudah dikenali.

 

Keamanan Data

Perbedaan http dan https selanjutnya yaitu terletak pada keamanan https yang menggunakan tiga prosedur yaitu autentikasi server, enkripsi data, integritas data. Ketiga keamanan tersebut tidak dapat Anda temukan pada protokol http.

 

Keamanan autentikasi server berfungsi untuk memastikan pengguna dapat melakukan komunikasi antar komputer dengan benar. Sehingga penggunaan protokol https ini dapat meminimalisir terjadinya serangan dari penyusup saat proses pertukaran data.

 

Enkripsi data bertujuan untuk menjaga data situs website dari penyadapan atau pencurian selama proses transfer data antar komputer sedang berlangsung. Kemudian transfer data tersebut membutuhkan integritas data yang terbungkus oleh protokol sehingga tidak dapat berubah. Https memiliki keamanan lebih tinggi dari pada http.

 

Sudahkah Anda Mengetahui Perbedaan Http dan Https?

Artikel ini sudah cukup menjelaskan secara lengkap tentang apa perbedaan http dan https. Anda bebas memilih salah satu untuk situs website Anda. Namun sebaiknya pilihlah https agar website lebih terjamin keamanannya dan terhindar dari pencurian data oleh para hacker. Anda juga perlu mempelajari lebih dalam tentang protokol keamanan sebelum memutuskan untuk memilih salah satunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top