Kesehatan merupakan hal penting dan diinginkan oleh semua orang. Apalagi jika di dunia sedang terjadi pandemi penyakit tertentu. Pastinya, Anda dan juga orang pada umumnya ingin tetap merasakan nikmatnya sehat. Namun, untuk kondisi kesehatan di masa mendatang, tentunya tidak ada yang tahu. Oleh karena itu, sebagai langkah antisipasi, asuransi dari https://www.roojai.co.id/ bisa jadi solusinya.

Terlepas dari perusahaan insurance mana yang dipilih, pastikanlah bahwa mereka memang telah terpercaya di bidangnya. Selain itu, jangan mudah juga tergiur pada perusahaan yang menawarkan biaya premi terlalu murah. Bisa-bisa, bukannya mendapatkan pelayanan terbaik, Anda malah akan merugi. Untuk menghindari hal seperti itu terjadi, gunakanlah beberapa tips memilih perusahaan asuransi berikut.

Tips Memilih Perusahaan Asuransi Terbaik

Lakukanlah Research Produk

Di negara kita Indonesia, terdapat lebih dari 10 pilihan produk asuransi. Beberapa di antaranya adalah asuransi kesehatan, jiwa, rumah, kendaraan, pendidikan, perjalanan, kerugian, serta asuransi pensiun. Pada semua jenis tersebut, terdapat sistem pertanggungan berbeda-beda. Jadi, penting bagi calon nasabah untuk mengetahui tentang detail dari jenis insurance tersebut.

Sebagai contoh adalah pada asuransi jiwa berjangka. Jenis tersebut dapat memberikan perlindungan pada jiwa nasabah dalam waktu tertentu. Bisa saja jangka 5 tahun, 10 tahun, ataupun lebih dari itu. Untuk batasan waktunya sendiri, semua tergantung dengan pilihan nasabah.

Belilah Produk Sesuai Kemampuan dan Kebutuhan

Dalam proses pengambilan keputusan, Anda sebagai calon nasabah harus melakukan pertimbangan dengan matang terlebih dahulu. Lakukanlah identifikasi asuransi apa yang paling sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan. Dengan begitu, produk yang didapatkan akan memberikan manfaat untuk diri Anda secara optimal.

Misalkan saja, Anda membutuhkan asuransi untuk melindungi jiwa serta tempat investasi. Jika seperti itu, maka pilihan produk yang tepat adalah asuransi jiwa unit link dan bukan dwiguna. Hal itu karena manfaat dari dwiguna tidak memiliki keuntungan investasi.

Oleh karena itu, lakukanlah pertimbangan secara matang mengenai jenis produk mana yang sesuai kebutuhan. Setelah itu, baru Anda sesuaikan kemampuan keuangan dalam pembayaran premi. Pilihlah beban premi sesuai kondisi finansial. Dengan begitu, pembayaran bulanan bisa dilakukan dengan lancar tanpa terlalu membebani pengeluaran rutin bulanan.

Cari Tahu ke Agen atau Konsultan Insurance

Sebagai manusia, pastinya merasa ragu dalam mengambil pilihan adalah hal wajar. Demikian juga saat Anda mengalami kebingungan dalam memilih produk insurance. Jika kondisi tersebut terjadi, maka langkah tepat untuk diambil adalah dengan melakukan konsultasi ke insurance consultant ataupun agen terpercaya. Cara ini bisa dilakukan untuk membuat Anda yakin dengan keputusan yang dibuat.

Tanyakanlah berbagai macam hal dari mulai jenis produk, manfaat, serta berbagai pertanyaan lainnya yang membuat Anda ragu.  Hal yang mungkin perlu diperhatikan adalah pastikan pertanyaan tersebut disampaikan ke konsultan ataupun agen terpercaya. Dengan begitu, setiap jawaban dari pertanyaan yang diberikan dapat dipertanggung jawabkan.

Periksa Track Record Perusahaan

Tips berikutnya adalah jangan lupa juga untuk melakukan tracking terhadap perusahaan. Hal ini sangat penting karena dapat mengetahui kinerja dari perusahaan tersebut. Dengan mencari tahu rekam jejak tersebut, calon nasabah bisa mengetahui risk based capital dari perusahaan.

Bagi yang belum tahu, Risk Based Capital merupakan sebuah cara perhitungan untuk mengetahui apakah sebuah perusahaan insurance punya tingkat finansial yang sehat ketika harus membayar biaya pertanggung jawaban nasabah. Untuk mengetahuinya, pihak tertanggung bisa lihat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Negara Indonesia.

Pastikan Anda Paham Betul dengan Produk Insurance yang Dipilih

Terakhir, sebelum memutuskan untuk memberikan tanda tangan pada Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ), terlebih dahulu tanyakan pada diri Anda apakah memang produk tersebut telah dipahami dengan baik dan benar.

Pastikanlah semua hal mulai dari pembayaran premi, keuntungan pertanggungan, proses pencarian atau klaim insurance, dan berbagai hal lainnya. Pahamilah semua hal tersebut dengan baik agar tidak ada penyesalan saat pembayaran premi mulai dilakukan.

Itulah tadi berbagai macam tips dalam memilih perusahaan asuransi terbaik. Gunakanlah tips tersebut untuk mendapatkan produk serta perusahaan asuransi terbaik untuk Anda dan keluarga. Dari banyaknya perusahaan insurance di Indonesia, tentu Roojai Insurance patut Anda pertimbangkan. Untuk mengenal lebih jauh lagi tentang Roojai, langsung saja masuk ke halaman resminya di https://www.roojai.co.id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top