Kasus pembobolan atau perampokan rumah masih sering terjadi hingga saat ini. Kurangnya sistem keamanan adalah salah satu penyebabnya. Padahal, kasus perampokan bukan hanya merugikan materi saja, namun juga dapat mengancam jiwa Anda dan keluarga. Biasanya, pelaku sudah menargetkan rumah yang akan menjadi sasaran empuk mereka dan menunggu hingga Anda lengah.

Salah satunya yaitu ketika seluruh penghuni rumah bepergian. Mereka akan memantau terlebih dahulu apakah rumah Anda dilengkapi sistem keamanan cctv atau tidak. Memasang CCTV sangat penting dilakukan agar rumah dapat dipantau dimana pun Anda berada. Selain CCTV, terdapat beberapa peralatan keaman penting yang harus Anda miliki. Mari simak ulasan berikut ini.

  1. Kunci pintu anti maling. Saat ini, jenis kunci rumah bermacam-macam sesuai dengan fungsinya. Ini sangat menguntungkan Anda. Sebab, memilih kunci rumah dengan keamanan yang tinggi dapat mempersulit pelaku ketika ingin membobol rumah Anda. Adapun jenis-jenis kunci yang bisa Anda gunakan, yaitu kunci pintu deadbolt, knob, hand lever, mortise. handleset, dan kunci pintu elektronik. Berbeda dengan kunci pintu lainnya, kunci elektronik tidak memerlukan anak kunci karena kunci ini memakai sistem keypad atau kartu yang biasanya ada di hotel-hotel.
  2. Smart lamp. Smart lamp atau lampu pintar dapat dimanfaat sebagai salah satu alat pengaman rumah Anda. Pasalnya, minimnya penerangan di beberapa sudut menjadi celah bagi para pelaku kejahatan. Dengan memakai smart lamp, pencahayaan rumah Anda dapat disesuaikan bahkan ketika Anda dan keluarga jauh dari rumah. Pengaturannya diatur melalui ponsel Anda. Sehingga, Anda dapat mengontrolnya dimana pun Anda berada. Selain itu, terdapat pula lampu sensor gerak yang akan memberitahu Anda jika ada orang di luar rumah.
  3. Teralis pengaman. Teralis mempunyai fungsi untuk menjaga keamanan rumah. Teralis ini akan mempersulit para pelaku kejahatan ketika ingin memasuki rumah Anda. Mereka akan terhalang karena adanya teralis ini. Selain itu, teralis dapat menjaga keamanan anak-anak Anda. Namun, Anda harus memastikan bahwa teralis mudah dibuka dari dalam sebagai antisipasi jika terjadi sesuatu yang darurat. Pilihlah teralis dengan sistem bongkar-pasang yang sulit dibuka dari luar, tapi mudah dibuka dari dalam.
  4. Glass break alarm. Glass break alarm penting untuk dipasang di rumah untuk memberikan peringatan jika terjadi getaran pada kaca yang diakibatkan oleh pembukaan paksa jendela rumah. Pelaku pasti mengincar jendela rumah Anda saat ingin memasuki rumah. Dengan glass break alarm, Anda dapat mencegah masuknya maling atau orang tidak dikenal. Alarm alat ini akan berbunyi ketika kaca mengalami getaran.

Itulah informasi mengenai beberapa alat keamanan yang wajib Anda punya di rumah. Mencegah lebih baik dari pada terlanjur mengalaminya. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top