Masa anak-anak adalah masa yang rentan akan segala penyakit. Untuk itu, Bunda harus memperhatikan nutrisi anak agar daya tahan tubuh anak kuat. Sehingga, tubuh anak akan kebal dan tidak mudah terserang penyakit.

Cara yang tepat untuk memenuhi nutrisi anak adalah dengan memberikan makanan sehat. Nah, apa saja makanan yang harus dikonsumsi oleh anak agar daya tahan tubuh anak kuat?

4 Makanan yang Membuat Daya Tahan Tubuh Anak Kuat

1. Sayur

Sayur merupakan sumber nutrisi yang baik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anak. Sayangnya, sebagian anak menolak makanan yang satu ini. Namun, tahukah Bunda, dari semua jenis sayur yang ada, ada dua macam sayur yang paling recommended untuk daya tahan tubuh anak. Kedua sayur tersebut adalah bayam dan brokoli.

Sama-sama berwarna hijau, bayam dan brokoli sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Kandungan vitamin dalam bayam dan brokoli, seperti vitamin A, C, E, K, memiliki sifat antioksidan, yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Sehingga daya tahan tubuh lebih kuat terhadap penyakit.

Kemudian kandungan mineral pada bayam, seperti folat, mangan, seng, selenium, dan zat besi bisa menjaga dan meningkatkan metabolisme. Mineral tersebut juga bisa menjaga sistem imunitas. Di mana metabolisme dan sistem imunitas sangat berperan aktif membuat daya tahan tubuh anak kuat.

2. Buah

Selain sayur, buah juga sangat bagus agar daya tahan tubuh anak kuat. Disarankan agar Bunda memberikan buah yang berwarna cerah dan terang kepada anak, seperti jeruk, strawberry, dan mangga. Hal ini karena buah berwarna cerah terkenal kaya akan vitamin, antioksidan, dan mineral untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anak.

3. Telur, Daging, dan Ikan

Bunda, agar daya tahan tubuh anak kuat, anak juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Dan sumber protein ada pada telur, daging, dan ikan. Di mana protein yang terkandung pada telur, daging dan ikan berperan penting untuk membangun kekebalan pada tubuh anak.

Kemudian, telur dan ikan mengandung omega 3. Omega 3 di sini berfungsi untuk meningkatkan fungsi sel -sel kekebalan tubuh yang menjadikan kekebalan tubuh anak meningkat juga.

4. Yoghurt

Yoghurt merupakan makanan fermentasi yang memiliki rasa asam. Meskipun rasanya asam, ternyata yoghurt bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak lho, Bunda. Ini karena yoghurt mengandung probiotik.

Probiotik merupakan jenis bakteri baik yang bisa memperkuat sistem imunitas tubuh. Selain itu, probiotik juga bisa menolak infeksi bakteri yang menyebabkan penyakit, seperti diare, infeksi saluran kemih, dan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas).

Itulah beberapa makanan yang membuat daya tahan tubuh anak kuat. Semoga daftar makanan di atas bisa menjadi referensi untuk Bunda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top