Dalam masa perkembangan anak, Bunda harus benar – benar memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak. Salah satu sumber asupan nutrisi yang baik berasal dari sayur. Sayangnya, sayur merupakan musuh terbesar anak, yang menjadikan anak susah makan sayur. Untuk itu, Bunda harus mencari cara mengatasi anak susah makan sayur.

Ada beberapa cara mudah yang bisa Bunda lakukan agar anak mau makan sayur tanpa paksaan. Nah, apa saja caranya? Ayo Bunda, simak saja caranya di bawah ini.

3 Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur dengan Mudah

1. Kenalkan Anak dengan Sayur Sejak Dini

Pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Begitu pula dengan anak dan sayur. Jika Bunda ingin anak suka dengan sayur, maka Bunda harus memperkenalkan anak dengan sayur. Bunda bisa memperkenalkan berbagai jenis sayur dan juga manfaatnya. Buatlah acara perkenalan ini dengan cara yang menyenangkan.

2. Berikan Anak Semua Jenis Sayur

Setelah anak tahu semua jenis sayur dan manfaatnya, langkah selanjutnya Bunda bisa memberikan semua jenis sayur. Di sini Bunda tidak perlu memberikan semua jenis sayuran dalam satu waktu. Berikan satu atau dua jenis sayuran setiap harinya. Bunda bisa mengolah sayur tersebut yang dicampur dengan makanan favorite anak.

Nah, perlu diperhatikan nih. Jika Bunda sudah menghidangkan makanan tersebut, mintalah anak untuk mencobanya. Kemudian, Bunda bisa melihat reaksi si anak, apakah anak suka dengan sayur tersebut atau tidak. Jika tidak, jangan paksa anak untuk memakannya lebih lanjut. Bunda cukup beri apresiasi karena anak sudah mau mencoba.

Meskipun tidak boleh memaksa, Bunda tetap harus berusaha agar anak mau makan sayur. Hal ini bisa Bunda lakukan dengan mencoba memasak hidangan sayur tersebut lain waktu, tentunya dengan berbagai macam kreasi.

3. Jadilah Role Model untuk Anak

Anak yang masih berusia dini mempunyai ingatan tajam. Mereka akan merekam semua hal yang terjadi di sekitarnya, kemudian mencoba melakukannya. Oleh karena itu, Bunda maupun Ayah, dan anggota keluarga yang lain harus memberikan contoh yang baik untuk anak, agar anak mempunyai role model yang baik. Salah satunya adalah tentang sayur.

Jika Bunda ingin anak mau bahkan suka makan sayur, maka Bunda dan yang lainnya harus makan sayur juga. Bunda tidak boleh hanya meminta anak untuk makan sayur, sedangkan kalian tidak memakannya. Ini nantinya bisa menjadi senjata makan tuan.

Dalam menjadi role model¸berarti Bunda dan keluarga harus mengajak anak makan dalam satu meja. Jadi, anak bisa melihat jika Bunda dan lainnya juga makan sayur. Dan hal ini bisa membuat anak ingin mencobanya.

Bagaimana Bunda, mudah bukan membuat anak suka makan sayur? Apakah Bunda tertarik untuk mencobanya? Jika Bunda ingin mencobanya, jangan lupa siapkan kesabaran yang luar, agar Bunda tidak mudah emosi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top