Sebelum masuk ke penjelasan tentang apa saja marketplace yang menyediakan reksa dana, akan lebih baik jika Anda mengerti terlebih dahulu mengenai keunggulan investasi reksa dana dibandingkan dengan instrumen lainnya.

Investasi Reksa Dana

Keunggulan Investasi Reksa Dana yang Kadang Tidak Ketahui

Baiklah, berikut ini merupakan keunggulan yang ada di Investasi Reksa Dana.

1. Tidak butuh dana besar untuk memulai

Keunggulan inilah yang membuat semakin lama investasi reksa dana semakin naik daun. Berbeda dengan investasi properti yang membutuhkan dana besar untuk memulai, investasi reksa dana bisa dimulai hanya dengan puluhan ribu rupiah saja. Tentu saja ini membuat para kaum milenial tidak terlalu keberatan untuk memulai berinvestasi sejak dini.

2. Mudah untuk dipelajari

Investasi reksa dana sangat mudah untuk dipahami dan juga dipraktikkan. Apabila Anda ingin berinvestasi saham, tentu dibutuhkan pengetahuan serta strategi yang matang untuk bisa mendapatkan hasil maksimal. Akan tetapi semua transaksi pada reksa dana akan dilakukan oleh manajer investasi. Tugas Anda hanyalah melakukan pembelian saja dan tinggal menunggu laporan bulanan dari mereka.

3. Terdapat banyak jenis

Ada berbagai jenis reksa dana. Tak hanya dibedakan atas portfolio saja, namun reksa dana juga dapat dibagi menjadi reksa dana syariah dan reksa dana konvensional. Anda tinggal memilih mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

4. Risiko tergolong rendah

Jangan pernah takut mengalami risiko yang besar jika berinvestasi di reksa dana. Pada dasarnya semua investasi memiliki dua jenis risiko, yakni risiko loss dan risiko gain. Apabila terjadi risiko loss, pada reksa dana Anda tidak perlu cemas karena investasi ini tidak hanya ditaruh di satu tempat saja. Sebagai contoh, jika reksa dana Anda menempatkan dana di 5 perusahaan dan 2 mengalami risiko loss, bisa saja di 3 perusahaan lain malah mengalami risiko gain.

5. Pengelolaan dana yang transparan

Ketika berinvestasi di reksa dana, biasanya manajer investasi akan membeberkan segala transaksi yang melibatkan investasi Anda. Beberapa hal yang akan dilaporkan antara lain informasi seputar perkembangan portfolio, laporan keuangan perusahaan investasi, risiko, dan biaya-biaya lain.

6. Dikelola oleh profesional

Dana investasi Anda akan dikelola oleh para profesional yang sudah mahir dalam bidang investasi. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila dana tersebut tidak akan bisa dikelola dengan baik. Bahkan, mereka tidak akan dipilih sebagai manajer investasi jika benar-benar tidak memiliki kompetensi di bidang tersebut.

7. Likuiditas yang tinggi

Maksud dari likuiditas adalah kemampuan atau keadaan ketika sebuah perusahaan mampu membayar kewajiban dalam angka pendek. Perusahaan dengan likuiditas yang tinggi akan lebih dipercaya untuk membayar kewajiban tersebut. Dengan likuiditas yang tinggi, artinya Anda bisa mencairkan kembali investasi Anda setiap saat. Jadi, bisa dikatakan reksa dana adalah cara menabung yang lebih efisien saat ini.

8. Dapat dilakukan secara online

Untuk investasi reksa dana, Anda tidak perlu datang ke kantor khusus dan bertransaksi di sana. Anda bisa melakukannya secara online. Bahkan, saat ini sudah banyak marketplace yang menyediakan pembelian reksa dana. Beberapa marketplace tersebut akan dijelaskan di poin-poin berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to Top